Total Visitors

My Status

Follower

Kebudayaan


a.       Konsep dasar dan Pengertian Kebudayaan
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit. Menurut E.B. Tylor, kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adat-istiadat dan kemampuan yang lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Adapun pengertian lain menurut R. Linton, kebudayaan adalah konfigurasi dari tingkah laku yang dipelajari dan hasil dari tingkah laku, yang usur-unsur pembentukannya didukung dan diteruskan oleh anggota dari masyarakat tertentu.Selain di atas, Selo Soermardjan dan Soelaiman Soemardi mengatakan bahwa kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Kemudian dua tokoh lainnya, C. Kluckhohn dan W.H Kelly merumuskan definisi kebudayaan dari penggabungan antara ahli-ahli antropologi, hukum, psikologi, psikiatri, ekonomi, sejarah dan filsafat. Perumusan itu berbunyi kebudayaan adalah pola untuk hidup yang tercipta dalam sejarah yang eksplisit, implisit, rasionil, irasionil, dan nonrasionil yang terdapat pada setiap waktu sebagai pedoman yang potensiil bagi tingkah laku manusia.
Dari pendapat para tokoh di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai mahkluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilakum bahasa, peralatan hidpu, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

b.      Unsur-unsur Kebudayaan
Ada berbagai macam unsur-unsur kebudayaan, menurut Bronislaw Malinowski sebagai berikut
·         Sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya.
·         Organisasi ekonomi
·         Alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama
·         Organisasi kekuatan (politik)
Menurut Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki empat unsur pokok, yaitu:
·         Alat-alat teknologi
·         Sistem ekonomi
·         Keluarga
·         Kekuasaan politik
Adapun dari kutipan wikipedia, bahwa budaya memiliki banyak unsur, di antaranya
·         Sistem agama
·         Politik
·         Adat isiadat
·         Bahasa
·         Perkakas
·         Pakaian
·         Bangunan
·         Karya seni

c.       Dampak konsep kebudayaan pada konsep manusia
Adapun dampak konsep kebudayaan pada konsep manusia dibagi menjadi dua kelompok, yaitu positif dan negatif. Dari penjelasan sebelumnya tentang konsep dasar dan pengertian kebudayaan serta unsur-unsur kebudayaan dapat dilihat bahwa budaya memiliki dampak terhadap manusia.
Positif :
·         Dapat mengatur manusia
·         Dapat merubah perilaku manusia menjadi lebih cerdas
·         Dapat mengatur manusia agar tidak melanggar norma-norma budaya
·         Dan lain-lain

Negatif:
·         Membuat manusia sulit berubah menjadi lebih baik dikarenakan penanaman budaya yang kuat.
·         Menjadikan manusia dapat menyalahgunakan budaya tersebut, sehingga manusia menjadi malas, dan lain-lain.
·         Dan lain-lain

Sumber Pustaka
Koenjaraningrat. Pengantar Ilmu Antropologi. 1981. Rineka Cipta: Jakarta
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Tidak ada komentar:

Kursus Toefl Online Murah

About Me

Foto saya
Mahasiswa Magister Akuntansi di Universitas Mercu Buana, Karyawan di PT. Summarecon Agung, Tbk, Alumni STIE Indonesia'07, Psikologi UIN Jakarta '08,

Translator