Total Visitors

My Status

Follower

Total Quality Manajemen


Suatu usaha yang menekankan pada kualitas dari segenap pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan mulai dari pemasok, karyawan perusahaan, distributor sampai pada konsumen.
Flow diagram TQM
Organizational practices


Quality Principles


Employee fullfillment


Costumer satisfication
1. Organization Practices
Gaya kepemimpinan spt apa
Pernyataan misi perusahaan harus jelas
Prosedur operasional yang efektif
Adanya dukungan staff (yang paling utama)
Adanya training atau pengembangan kemampuan dari tenaga kerja

2. Prinsip-prinsip kualitas
Konsep TQM
-Continous Improvement
-Employee Empowerment
-Benchmarking
-Just in time
-Taguchi Concept
-Knowledge of TQM tools

3. Employee fulfillment
-pemberdayaan tenaga kerja
-komitmen organisasi

4. Costumer Satisfication
-Nampak pada repaid pelanggan atau pembelian berulang-ulang


Konsep TQM
 Heizer & Berry Render
1. Continous, emprovement,
Berjalan secara terus menerus

2. Employee Empowerment
Suatu perluasan perkejaan sehingga menambah wewenang dan tanggung jawab tenaga kerja
Ada beberapa teknik :
-membangun jaringan komunikasi dalam perusahaan baik antar pekerja, atasan maupun bawahan
-Mengembangkan keterbukaan
-Menggerakkan tanggung jwab dari atasan ke tenaga kerja individual
-Membangun moral yang tinggi dalam organisasi
-Adanya kreativitas spt membentuk struktur organisasi formal

3. Benchmarking (Pembandingan Kinerja)
Adanya pembanding terhadap kinerja

4. Just in time
-Berkaitan dengan ketepatan dalam pengiriman
-Seharusnya menganut zero inventory

5. Taguichi concept
Mencetuskan 3 konsep
a. Quality Rebustness
secara konsisten dibangun sesuai dg kebutuhan pelanggan walaupun dalam kondisi proses produksi tidak menyenangkan
Misalnya : Bahan baku mahal, tenaga kerja keluar. (Tetapi harus menghasilkan produk yang memuaskan pelanggan.

b. Quality Loss Function
Suatu fungsi matematika yang digunakan untuk mengidentifikasi semua biaya yang dihubungkan dengan kualitas yang jelek
Misal : kualitas produk yang jelek akan menambah biaya
c. Target Oriented Quality
dimana continous improvement sampai pada target yang diinginkan.

6. Knowledge of TQM Tools
 Alat-alat TQM ada 7 :
a. Lembar pengecekan
untuk mencatat data-data harian/ jam kegiatan pada perusahaan tsb.
b. Scatter diagram
mencari pola hubungan 2 variabel
c. Cause effect diagram/ diagram ishikawa/ fish bone diagram
untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang timbul dalam kualitas
d. Pareto Chart
Bagan frekuensi
Mengetahui masalah-masalah dalam bentuk frekuensi

e. Flow chart
f. Histogram
menunjukkan distribusi frekuensi dari suatu variabel

g. SPC/ Statistical prosess control chart
digunakan untuk mengendalikan kualitas dalam proses produksi

Tidak ada komentar:

Kursus Toefl Online Murah

About Me

Foto saya
Mahasiswa Magister Akuntansi di Universitas Mercu Buana, Karyawan di PT. Summarecon Agung, Tbk, Alumni STIE Indonesia'07, Psikologi UIN Jakarta '08,

Translator