Total Visitors

My Status

Follower

Tokoh dan Teori Perkembangan Biologis


Teori perkembangan biologis mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
         Menekankan faktor Nature sebagai penentu perkembangan manusia: kematangan, dasar-dasar biologis perilaku-proses mental
         Dipengaruhi pemikiran Charles Darwin-perspektif evolusioner
Kemudian teori perkembangan biologis dibagi menjadi dua, yaitu:
Teori-teori Maturasional
Maturasional dapat diartikan sebagai pematangan.
Contoh: janin, biologi perkembangan, perkembangan emosi, atau pematangan fisik apapun bentuk kehidupan biologis.
         Asumsi:
a)      perkembangan diarahkan dr dalam-maturasi biologis: berjalan, berbicara, kontrol diri
b)      self regulation: organisme memiliki kesiapan utk memasuki tahap perkembangan tertentu—memberi sinyal kpd lingkungannya

Teori-teori Etologis
Etologi ialah studi ilmiah pada perilaku binatang yang dianggap sebagai cabang zoologi. Etologi ialah studi ilmiah pada perilaku binatang yang dianggap sebagai cabang zoologi. Istilah “etologi” diturunkan dari bahasa Yunani, sebagaimana ethos (ήθος) ialah kata Yunani untuk "kebiasaan". Kata lain yang diturunkan dari kata Yunani ethos ialah: etis dan etika. Pertama kali istilah ini diperkenalkan dalam bahasa Inggris oleh Myrmekolog Amerika William Morton Wheeler pada 1902.
         Asumsi:
a)      perkembangan manusia sebagai bagian dr historis evolusioner; cara-cara yang memungkinkan manusia survive
b)      releasing stimuli: menangis, senyuman
c)      sumbangan: metode observasi dalam setting alamiah


Tokoh teori Maturasi
Arnold Gessel
Dr Arnold Gesell Lucius (21 Juni 1880 - 29 Mei 1961) adalah seorang psikolog dan dokter anak yang pionir dalam bidang perkembangan anak.
Gesell lahir di Alma, Wisconsin, yang dysgenic kualitas Gesell kemudian dianalisis di Desa Seribu Souls. Dia adalah anak sulung dari lima bersaudara dan anak dari seorang fotografer dan seorang guru, individu-individu yang keduanya tertarik pada bidang pendidikan. Mengawasi adik-adiknya belajar dan tumbuh membantu untuk mendirikan dalam dirinya minat pada anak-anak.
Dengan rencana untuk menjadi seorang guru, Gesell dihadiri Stevens Point Normal Sekolah setelah ia lulus dari sekolah tinggi pada tahun 1896. Di sini, ia mengambil mata kuliah dengan Universitas Clark berpendidikan Edgar James Swift, yang jengkel Gesell minat dalam psikologi. Ia bekerja sebagai guru sekolah tinggi sebentar, tetapi kemudian melanjutkan studi di University of Wisconsin di Madison. Di sana ia mengambil kursus sejarah yang diajarkan oleh Frederick Jackson Turner dan psikologi kursus yang diajarkan oleh Joseph Jastrow, yang memulai laboratorium psikologi di University of Wisconsin. Ia menjabat sebagai guru dan kepala sekolah tinggi sebelum melanjutkan pendidikannya di Universitas Clark, seorang pemimpin awal dalam psikologi. Clark sangat dipengaruhi oleh presidennya. Stanley Hall, yang mendirikan gerakan studi anak. Gesell menerima gelar Ph.D. dari Clark pada tahun 1906. Dia bekerja di beberapa fasilitas pendidikan di New York City dan Wisconsin sebelum sesama lulusan Clark Lewis Terman membantunya mendapatkan guru besar di Los Angeles Negara Normal School. Di sana ia bertemu dengan sesama guru Beatrice Chandler, seorang wanita brilian siapa ia menikah. Mereka kemudian memiliki seorang putri dan seorang putra. Setelah menghabiskan waktu di sekolah bagi orang cacat mental, seperti Pelatihan Vineland Sekolah di New Jersey, yang dijalankan oleh Henry H. Goddard, ia mengembangkan minat dalam mempelajari anak-anak cacat.
Bertekad untuk menjadi seorang dokter, ia menghabiskan beberapa waktu belajar di University of Wisconsin Medical School. Kemudian ia menjabat sebagai asisten profesor di Universitas Yale sementara belajar kedokteran. Dia mengembangkan klinik Child Development sana dan menerima gelar MD pada tahun 1915. Dia akhirnya diberi profesor penuh di Yale. Dia juga menjabat sebagai psikolog sekolah untuk Connecticut State Dewan Pendidikan dan membantu untuk mengembangkan kelas-kelas untuk membantu anak-anak cacat berhasil. Dia menulis beberapa buku, termasuk The Mengelola Anak dari sudut pandang Kebersihan dan Pendidikan Publik pada tahun 1923, The Mental Pertumbuhan Anak dari Prasekolah pada tahun 1925 (yang juga diterbitkan sebagai film), dan An Atlas of Infant Behavior (khas mencatat tonggak untuk usia tertentu) pada tahun 1934. Ia ditulis bersama dengan Frances Ilg dua childrearing panduan, Bayi dan Anak di Budaya Hari ini pada tahun 1943, dan The Child dari Lima sampai Sepuluh tahun 1946.
Gesell memanfaatkan teknologi terbaru dalam penelitiannya. Dia menggunakan terbaru dalam video dan fotografi kemajuan. Dia juga menggunakan cermin satu arah ketika mengamati anak-anak, bahkan penemuan Gesell kubah, sebuah cermin satu-arah berbentuk seperti kubah, di mana anak-anak dapat dilihat tanpa terganggu. Dalam penelitiannya ia mempelajari banyak anak-anak, termasuk Kamala, gadis serigala. Ia juga melakukan penelitian pada hewan muda, termasuk monyet.
Sebagai seorang psikolog, Gesell menyadari pentingnya luas baik alam dan memelihara. Dia mengingatkan orang lain untuk tidak cepat atribut cacat mental penyebab tertentu. Dia percaya bahwa banyak aspek perilaku manusia, seperti kidal dan temperamen yang diwariskan. Dia mengerti bahwa anak-anak disesuaikan dengan orangtua mereka serta satu sama lain. Dia berpikir bahwa nasional sekolah TK sistem akan menguntungkan Amerika. .

Tokoh Teori Etologi
Konrad Zacharias Lorenz (7 November 1903 - 27 Februari 1989) merupakan seorang psikologi, zoologi, dan ornitologi berkebangsaan Austria. Dia memenangkan hadiah penghargaan Nobel dalam bidang Kedokteran pada tahun 1973. Pada musim gugur tahun 1936, Lorenz menghadiri sebuah simposium yang diprakarsai Prof. Van der Klaauw di Kota Leiden, Belanda. Dalam simposium ini, Lorenz bertemu dengan Nikolaas Tinbergen yang juga seorang ahli tingkah laku hewan (ethologist). Pertemuan ini nampaknya menjadi pertemuan bersejarah bagi kedua ilmuwan tersebut. Mereka berdiskusi tentang hubungan antara respon penyesuaian tempat dengan mekanisme pelepasan yang dapat menjelaskan timbulnya tingkah laku berdasarkan insting. Pemikiran mereka merupakan cikal bakal lahirnya ethologi.
Di tahun 1973, Konrad Z. Lorenz bersama dengan Nikolaas Tinbergen dan Karl von Frisch meraih Hadiah Nobel.

Nikolas "Niko" Tinbergen (Den Haag, 15 April 1907 - 21 Desember 1988) adalah seorang etolog dan ornitolog Belanda yang berbagi Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1973 bersama Karl von Frisch dan Konrad Lorenz atas penemuan mereka di bidang biologi. Tinbergen terkenal untuk 4 pertanyaan yang dipercayainya harus ditanyakan berkenaan dengan berbagai perilaku binatang. Selain itu, dengan metodenya ia menerapkannya untuk menangani gejala autisme pada anak.

John Bowlby (26 Februari 1907-2 September 1990) adalah seorang psikiater dan psikoanalis, terkenal karena minatnya dalam perkembangan anak. Bowlby lahir di London ke atas keluarga kelas menengah. Ia adalah anak keempat dari enam anak dan dibesarkan oleh seorang pengasuh di gaya Inggris kelasnya pada saat itu. Ayahnya, Sir Anthony Bowlby, pertama Baronet, adalah ahli bedah ke King's Rumah Tangga, dengan sebuah sejarah tragis: pada umur lima tahun, Sir Anthony ayah sendiri (Yohanes kakek) tewas saat bertugas sebagai wartawan perang dalam Perang Opium.
Biasanya, Bowlby melihat ibunya hanya satu jam sehari setelah minum teh, meskipun selama musim panas ia lebih tersedia. Seperti banyak ibu-ibu lain dari kelas sosial, ia menilai bahwa perhatian dan kasih sayang orang tua akan menyebabkan berbahaya memanjakan anak-anak. Bowlby beruntung dalam bahwa pengasuh dalam keluarganya hadir sepanjang masa kecilnya. Bowlby mempelajari psikologi dan pra-klinis ilmu di Trinity College, Cambridge, memenangkan hadiah untuk kinerja intelektual yang luar biasa. Setelah Cambridge, ia bekerja dengan tunggakan maladjusted dan anak-anak, kemudian pada usia dua puluh dua berkuliah di University College Hospital di London. Pada usia dua puluh enam, ia memenuhi syarat dalam obat-obatan. Sementara masih di sekolah kedokteran, ia mendaftar diri di Institut Psikoanalisis. Setelah sekolah kedokteran, ia dilatih di dewasa psikiatri di Rumah Sakit Maudsley. Pada tahun 1937, ia memenuhi syarat sebagai psikoanalis.

1 komentar:

Psikologi Kita mengatakan...

mantap buat tambah referensi nih, terima kasih

oh iya buat tambahan ilmu psikologi kk bisa baca2 blog saya

psikologi untuk semua

Kursus Toefl Online Murah

About Me

Foto saya
Mahasiswa Magister Akuntansi di Universitas Mercu Buana, Karyawan di PT. Summarecon Agung, Tbk, Alumni STIE Indonesia'07, Psikologi UIN Jakarta '08,

Translator